Monday, November 13, 2006

Perubahan Menuju pada Kemitraan


Perubahan Menuju pada Kemitraan
Di Silicon Valley perkembangan bisnis berjalan dengan sangat cepat. Hampir setiap hari akan muncul kisah sukses baru.
Kesempatan terbuka tidak hanya bagi orang yang telah terjun ke masyarakat, pada mahasiswa pun memiliki kesempatan untuk langsung berbicara dengan CEO, dan melahirkan bisnis yang baru.
Demikian juga halnya dengan tempat, tidak terbatas hanya di kantor saja. Di bar, sebuah pembicaraan bisa saja berlanjut ke dalam pembicaraan bisnis. Usia dan ras juga tidak menjadi hambatan. Ini adalah hasil dari niat-an yang ditanamkan para pionir.
Ini adalah sebuah dunia nyata di mana masuknya beragai ide, man-power, uang dari berbagai belahan dunia yang kemudian berkembang menjadi bisnis dengan cepat.
Struktur network, tidak berbentuk vertikal seperti jaman dulu, tapi berbentuk horizontal. Dan juga, yang penting bukan hubungan antara perusahaan, tapi hubungan orang per orang secara pribadi dalam sebuah komunitas network. Yang sangat berperan dalam memperluas human network ini adalah keberadaan NGO yang bernama Smart-Valley. Kebanyakan perusahaan tidak mengerjakan pekerjaannya secara intern, tapi menyerahkannya pada pihak lain. Pada 1990-an outsourcing merupakan sebuah kata penting di dunia, tapi di khususnya di Silicon Valley, ada banyak perusahaan yang telah meng-outsourcing-kan pekerjaan bahkan sampai pada strategi perusahaan ke pihak lain.

Tingkat kesuksesan venture capital 30%
Venture capital tidak hanya terbatas sebagai investor, tapi di Silicon Valley, venture capital memberikan investasi juga pada teknologi. Dengan kata lain, memberikan pengetahuan manajemen pada teknisi dan kalau tidak punya pengalaman tentang keuangan maka diberikan juga service tenaga yang mengurusi masalah keuangan. Bahkan juga ada kemampuan untuk menyediakan tenaga bisnis (pemasaran) profesional. Sehingga, dengan modal satu keahlian saja, bisa mendirikan sebuah usaha venture.
Dalam kondisi seperti ini, sebagian besar perusahaan venture yang muncul memasukkan stok option pada pegawai. Venture capital menyediakan kesempatan bagi perusahaan venture, dan kemudian perusahaan venture menyediakan intensive sesuai dengan kwalitas hasil kerja pegawai.

Sasaran dari Smart-Valley adalah Perbaikan Kwalitas Hidup
Pada sekitar 1992, Silicon Valley mengalami depresi yang dalam. Smart-Valley yang merupakan gabungan penguasaha-pemerintah-perorangan lahir pada tahun ini. Dengan renacana 5 tahunan, komunitas itu memasuki reformasi niat bekerja-sama. Tujuannya adalah "mengaktifkan ekonomi regional" dan "meningkatkan kwalitas hidup". Para pemimpin melakukan penyederhanaan prosedur dan membuat standard yang jelas, serta memecahkan tembok pemisah antara bagian.
Di negara kita juga ada istilah kerjama pemerintah dengan dunia usaha. Tapi di Silicon Valley, orang-orang yang memikirkan diri sendiri tersingkirkan. Yang tersisa adalah sebuah komunitas network perorangan.
Jadi perubahan Silicon Valley bukanlah berubah secara ekonomi, tapi terdapat hasil yang besar bagi orang-orang yang berpartisipasi pada "information sharing" atau "perluasan koneksi". Terdapat perubahaan dari "persaingan" ke "kerjasana komunitas".

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home